Sabtu, 21 Mei 2016

Gua batee meucanang : bermain musik didalam gua







                                      Download : http://ceesty.com/w34c7v

Labuhan haji barat adalah sebuah daerah yang dikenal dengan salah satu pusat ilmu agama di aceh, labuhan haji terletak di kabupaten aceh selatan, selain pusat pengajian agama dilabuhan haji juga menyajikan sebuah obyek wisata yang tak kalah menarik dengan wisata-wisata yang lain, yaitu sebuah gua dengan destinasi keunikan yang cukup menarik yaitu gua bate meucanang, gua ini memiliki keunikan yaitu memiliki nada suara yang berbeda jika di ketuk atau di pukul di bagian-bagian yang berbeda.





                                             Download : http://ceesty.com/w34c7v

kali ini saya di temani oleh komunitas PETA (Petualang Taluak) Untuk menelusuri gua tersebut di butuhkan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dari pusat kota labuhan haji, setengah perjalanan sampai di desa terakhir, yaitu desa pulokan. Jalan yang dilalui sangat mulus tetapi untuk selanjutnya akan di penuhi batu, untuk melaluinya dibutuhkan kehati-hatian karna jalan yang dilalui sangat ekstrim jalan tersebut bisa dilalui dengan kendaraan bermotor.



Gua bate meucanang ini keberadaannya cukup tersembunyi, jadi bagi pengunjung yang belum tahu keberadaannya perlu bertanya kepada penduduk sekitar. Saat sampai di lokasi gua tersebut kita harus mendaki sebuah bukit yg terjal dengan ketinggian sekitar 10 meter karena gua tersebut berada diatas bukit.

                                              Download : http://ceesty.com/w34c7v

                                              Download : http://ceesty.com/w34c7v

Gua Bate Maucanang ini berukuran kira-kira 20 Meter persegi dengan tinggi 15 Meter, gua ini memiliki du pintu masuk, pintu masuk pertama sangat sempit, hanya muat untuk satu orang, sedangkan untuk pintu kedua sangat lebar, yang juga merupakan pintu keluarnya. untuk bisa menikmati ornamen dan keindahan di dalam gua, kita harus menyiapkan senter untuk penerangan, karena di dalam gua agak sedikit gelap.

Sejarahnya Nama Gua Batee Meucanang ini berasal dari batu yang menggantung di sisi gua, dan yang uniknya dari batu ini adalah apabila batu ini di ketuk dan di pukul akan mengeluarkan suara, seperti alat musik canang, dan  canang tgersebut adalah alat musik traditional aceh.

                                         Download : http://ceesty.com/w34c7v

                                         Download : http://ceesty.com/w34c7v

  Puas menelusuri di dalam gua, kita pun pergi keluar gua sejenak untuk menikmati pemandangan alam pegunungan yang indah dan masih alami. Bukan itu saja,kita juga bisa melihat ataupun menikmati aliran air sungai yang sangat sejuk dan jernih, sungai tersebut tepat berada di depan gua. Di samping itu, kita juga dapat melaksanakan shalat di mushalla yang memang tersedia tak jauh dari lokasi gua atau sekedar beristirahat sambil menikmati air terjun dan gemercik air pada bebatuan sungai yang berada bersebelahan dengan pondok- pondok kecil. Dan yang terpenting, untuk dapat mengunjungi tempat ini, kita tidak memerlukan biaya masuk, alias gratis.

                                            Download : http://ceesty.com/w34c7v

1 komentar:

  1. salam hijau dan lestari..
    hi dear peta
    selamat dan sukses kawan2, yg mengabadikan dalam foto dan dunia maya,
    yg secara tidak langsung mendukung pariwisata, ekotourism, eko wisata keindahan alam di aceh aceh selatan.dan saya setuju.
    namun sangat disayangkan bila kita mengabaikan etika pecinta alam untuk melestarikan nya.
    misal nya ada pada foto kawan2 di dalam gua bate meucanang,yg begitu mempesona sehingga kawan2 lupa telah melangar melanggar etika dalam expolre gua, butuh ratusan tahun pertumbuhan 1cm flowerstone yang ada di gordam, stalatik,stalatmit pembetukan dream teater dan ornamen goa lainnya.jadi sangat disayangkan saudara menginjak dengan sepatu yg dapat mengotorinya dan bahkan bisa mematikan pertumbuhannya (harusnya saudara melepas sepatu mencuci kaki utk menginjaknya).. hal ini sepele namun kawan2 harus mematuhinya sesama pecinta alam sebagai etika penelusuran gua, agar keindahan dan pesona nya terus terjaga.

    terimakasih, dan saya mengingatkan karna kita semua ciptaan tuhan. dan tuhan bersama orang pemberani..

    saleum damee
    sahabatmu

    BalasHapus